Berwiridlah Untuk Ibadah Haji Sekarang Juga



Assalamu ‘ alaikum Wr. Wb

Abu Thalib Al-Makki berkata : “ Mengamalkan wirid secara istiqamah merupakan akhlak orang-orang yang beriman dan jalan yang ditempuh oleh orang –orang yang ahli ibadah.Wirid- wirid itu akan menambah kuat iman seseorang dan merupakan tanda-tanda akan keyakinannya “

Dalam kitab Al-Hikam ,Syekh Ahmad Ibnu Athailah menulis : “ Laa yastahqirul wirda illaa jahuulun … “ Artinya : Tidak akan meremehkan wirid kecuali orang yang bodoh.

Berwiridlah Untuk Ibadah Haji Sekarang Juga

Banyak kisah orang-orang dahulu yang membuktikan betapa ampuhnya sebuah wirid. Sebagai contoh, coba kita simak kisah Ula Bin Khadhrami berikut ini. Dalam suatu peperangan beliau ingin menyeberangi laut Bahrain  bersama kudanya, sedang alat penyeberang tidak ada.Saat itu beliau bersama Abu Hurairah. Ula Bin Khadhrami shalat dua rekaat kemudian membaca wirid Yaa Haliim, yaa ‘Aliim, yaa ‘Aliy , yaa ‘Azhiim beberapa kali ( wirid ini sudah menjadi amalan beliau beberapa lama sebelum itu ), lalu beliau mengendarai kudanya dengan tidak ragu-ragu, dan menyeberangi laut Bahrain yang luas itu tanpa terkena basah sedikitpun,hingga selamat sampai ke seberang. 

Para ulama sudah mewariskan wirid bagi yang bercita-cita melaksanakan ibadah haji dan umrah. Sebagai contoh , H.Dja’far Sabran dalam  buku Risalah Do’a halaman 203 menyebutkan satu shalawat agar diberi kesempatan untuk dapat berziarah ke Baitullah (haji/umrah). Shalawat tersebut berbunyi “ Allaahumma shalli wa sallim wa baarik ‘alaa sayyidinaa Muhammadin ‘adadar ramlir raqiiq.Shalaatan tarzuqunaa bihaa min ahlit taufiiq. Wa tuballighunaa bihal hudhuura ila baitil ‘atiiq.Wa ziyaarata qabrihi wa qabri Abii Bakrinish shiddiiq. Wa ‘alaa aalihii wa shahbihii ajma’iin “ Artinya : Ya Tuhan kami,semoga Engkau limpahkan kesejahteraan,keselamatan dan berkah  atas junjungan kami Nabi Besar Muhammad SAW sebanyak hitungan pasir yang halus,semoga Engkau masukkan kami dalam golongan orang-orang yang mendapat taufiq, dan semoga Engkau sampaikan kami dapat berkunjung ke Baitil ‘Atiiq (Baitullah), dan berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW, dan ke makam sayyidina Abu Bakar Shiddiq RA.Dan ( Kesejahteraan ,keselamatan dan berkah)  atas keluarga dan shahabatnya sekalian.

Shalawat di atas sebaiknya diwiridkan/diamalkan 4 kali setiap selesai shalat fardhu dan 40 kali pada hari Jum’at ( sebaiknya dibaca saat berada di dalam masjid )

Ust.Fatuhuddin Abul Yasin dalam buku beliau yang berjudul “ Kumpulan Shalawat Nabi SAW Beserta Hikmah & Khasiatnya “ pada halaman 56 juga ada menuliskan shalawat  haji yang berbunyi sebagai berikut : “ Allaahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatan tuballighunaa bihaa hajja baitikal haraam. Wa ziyaarata qabri nabiyyika ‘alaihi afdhalish shalaati wassalaam. Fii luthfin wa ‘aafiyatin wa salaamatin wa buluughil maraam.  Wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa baarik wa sallim. Artinya : Ya Allah limpahkan kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, shalawat yang lantaran itu bisa mengantarkan kami menunaikan ibadah haji ke Bayt Al-Haram, bisa berziarah ke kubur Nabi-Mu , atas beliaulah seutama-utama shalawat dan salam dalam kelembutan,kesehatan dan keselamatan sampai ke tempat tujuan.Juga kesejahteraan keselamatan dan berkah tetap tercurah atas keluarga dan shahabat beliau.

Sekian. Selamat mengamalkannya dengan istiqamah.Semoga saudara pembaca termasuk orang yang dapat menginjakkan kakinya di tanah suci Makkah Al-Mukarramah. Amien.Sampai ketemu lagi dengan “ Indahnya Haji dan Umrah “ di artikel berikutnya.

Penulis : H.M. Aini,S.Pd.I


Previous
Next Post »
Thanks for your comment