Macam-Macam Umrah atau Jenis Umrah



Assalaamu ‘alaikum wr. wb. 

MAHKOTA DAKWAH. Ketemu lagi dengan “INDAHNYA HAJI DAN UMRAH “. Topik bahasan pada artikel kami kali ini adalah Macam –macam Umrah .

Dapat melaksanakan umrah adalah karunia-Nya, makanya bagi yang diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk melaksanakannya janganlah menyia-nyiakannya. Ambil kesempatan itu bila kita di “ mampu “ kan Allah SWT. Sebab umrah itu waktunya fleksibel, kapan saja boleh, kecuali tanggal 9-13 Dzulhijjah,sebagian ulama memakruhkan umrah pada tanggal tersebut. Untuk lebih memahami masalah waktu pelaksanaan ‘umrah ini, ikuti uraian berikut.

Macam-Macam Umrah atau Jenis Umrah

Umrah ada 2 macam, yaitu  :

1.UMRAH YANG DILAKSANAKAN SEWAKTU-WAKTU.

Hukum umrah yang dilaksanakan sewaktu–waktu ini ada 2, yaitu :

a. Wajib.

Apabila umrah yang ia lakukan itu umrah yang pertama kali, atau umrah karena nazar atau umrah untuk mengqadha umrah wajib.

b. Sunat

 Apabila umrah yang ia lakukan itu bukan umrah yang pertama kali,bukan umrah karena nazar dan bukan umrah karena mengqadha umrah wajib.

Karena waktunya yang fleksibel, ibadah umrah yang dilaksanakan sewaktu-waktu ini menjadi tren baru yang banyak diminati kaum muslimin. Kebanyakan mereka memilih umrah di bulan Ramadhan atau di akhir tahun.

Andaikata saudara pembaca termasuk orang yang ingin melaksanakan umrah jenis ini,maka  jangan lupa sebelum menghubungi travel umrah ,buka  dahulu aplikasi UMRAH CERDAS,sebab melalui aplikasi ini saudara bisa mengetahui travel mana saja yang sudah berizin. Saudara dapat melihat biro Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang legal serta nilai akreditasinya. Sehingga saudara/masyarakat tidak kena tipu biro umrah yang nakal. Teknologi aplikasi Umrah Cerdas ini meminimalisir kasus-kasus perjalanan ibadah umrah yang merugikan jama’ah. Karena masyarakat sudah mendapat infomasi sebelumnya terkait biro perjalanan yang akan dipilihnya. Aplikasi ini diperuntukkan bagi masyarakat luas, khususnya bagi calon jamaah umrah. Aplikasi UMRAH CERDAS ini berbasis android dan bisa diunduh di internet. Dalam aplikasi ini juga dimuat konten terkait doa-doa umrah, info kesehatan, serta sarana pengaduan masyarakat dan ruang tanya jawab terkait umrah.Aplikasi UMRAH CERDAS merupakan salah satu komitmen pemerintah (Kemenag) dalam penyelenggaraan umrah yang tertib aturan. 

2. UMRAH YANG DILAKSANAKAN DALAM RANGKAIAN IBADAH HAJI DAN DILAKSANAKAN PADA BULAN-BULAN HAJI PULA.

Apabila umrah dilaksanakan dalam rangkaian ibadah haji, maka umrah itu boleh dilaksanakan sebelum haji, boleh bersama-sama dengan haji dan boleh sesudah haji.

Penempatan waktu mengerjakan umrah itu dalam kaitannya dengan ibadah haji menjadi penentu dalam penyebutan hajinya.

Apabila umrahnya dikerjakan sebelum haji maka hajinya disebut haji tamattu’ (wajib bayar 
Denda/dam).Bila umrahnya dikerjakan bersama-sama haji ( dalam satu niat ) disebut haji qiran (wajib bayar denda/dam). Dan apabila umrahnya dikerjakan sesudah haji maka disebut haji ifrad (tidak bayar dam).Kebanyakan jama’ah haji (khususnya jama’ah haji Indonesia) memilih umrah dahulu baru mengerjakan haji (haji tamattu’).Masalah “ macam-macam “ haji ini Insya Allah nanti akan kami bahas secara khusus pada artikel yang kami beri judul “ MACAM-MACAM PELAKSANAAN HAJI (TAMATTU’,QIRAN,IFRAD) “

Umrah yang dilaksanakan dalam rangkaian ibadah haji ini hukumnya ada 2 juga, yaitu
  • Wajib, apabila umrah itu yang pertama kali
  • Sunat, apabila umrah itu yang kedua kali dan seterusnya.

Sekian artikel kami kali ini.Insya Allah kita bertemu lagi dalam  Indahnya Haji dan Umrah  pada artikel yang akan datang dengan judul SYARAT WAJIB UMRAH.

Penulis :  H.M.Aini,S.Pd.I


Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
septyan ade
admin
4 September 2018 pukul 04.07 × Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
avatar
Thanks for your comment